Staf Kemenkeu Pantau Aktifitas Ekspor PLBN Aruk

Editor: Admin author photo
Foto Humas Pemkab Sambas
Ket : Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili Lc MH saat menemani dua kementrian keuangan RI saat melakukan kunjungan PLBN Aruk, Sajingan Sambas. Selasa (14/1/2020)

Kabarsambas.com-Kementerian Keuangan Republik Indonesia memberikan apresiasi atas kegiatan ekspor di Pos Lintas Batas Negara RI di Aruk Kecamatan Sajingan Besar Kab Sambas.

Tindaklanjut dari aktifitas ekspor itu, dijadwalkan pejabat eselon I Kemenkeu RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sambas.

Staf Kementerian Keuangan Wilayah Prop Kalbar di Pontianak, yakni Kepala Kantor Wilayah Direktorar Jenderal Kekayaan Negara Edward UP Nainggolan dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Prop Kalbar Azhar Rasyidi memantau langsung masyarakat melakukan ekspor di PLBN Aruk, selasa (14/1/2020).

Dua Pejabat Kanwil itu didampingi Bupati Sambas, Camat Sajingan Besar, Kepala BNPP PLBN Aruk, Kepala KPKNL Singkawang dan beberapa tamu lainnya.

Staf Kemenkeu RI itu, sebelum monitoring di lapangan, terlebih dahulu melakukan pertemuan terbatas membahas rencana kunker pejabat eselon I Kemenkeu RI Dan Forkopimda Kalbar.

Edward Up Nainggolan, Kanwil DJKN Kalbar mengatakan pertemuan dengan Bupati dalam rangka mendorong pemerintah daerah memaksimalkan peluang ekspor yang telah terbuka di PLBN Aruk. Kata dia, Unit kerjanya siap memaksimalkan proses ini.

"Tadi kita sudah bicara, memang masih terdapat beberapa kondisi yang harus diperkuat bersama. Tentunya kami siap mendukung kelancaran upaya ekspor. Kami bantu menginventarisir dan mencarikan pemecahan masalah yang berdampak baik untuk semua," ujar Edward.

Kanwil DJBC Kalbar, Azhar Rasyidi, mengatakan, inventarisir memang diperlukan masih banyak yang bisa di follow up kedepannya.

"Bila diperlukan lagi, agar cepat direspon untuk mengakselerasi percepatan pelayanan ekspor ini, isu-isu strategis kita bawa ke ranah yang lebih kompeten lagi, seperti di sosek malindo,"katanya.

Ditempat yang sama, Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH, mengatakan, kehadiran dua pejabat Kemenkeu RI Perwakilan Kalbar itu sebagai bentuk apresiasi semua pihak terhadap kegiatan ekspor di PLBN Aruk.

Hasil pertemuan dengan dua Kepala Kanwil itu dijelaskan Bupati sebagai bentuk dukungan bagi Kab Sambas memaksimalkan ekspor untuk kesejahteraan rakyat.

"Kunjungan ini bentuk perhatian semua pihak pada kita, pada upaya ekspor ini. Pertemuan kami pun banyak mendapat masukan, agar bagaimana daerah, terlebih masyarakat kab sambas bisa menghadirkan produk unggulan untuk diekspor dan benar benar jadi pemainnya, bukan penonton. Tentunya pemda Kabupaten Sambas terus berupaya, kedepan banyak produk Kab Sambas menjadi primadona ekspor di PLBN Aruk," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini