-->

Sambas Masih Rawan Terjadi Banjir

Editor: Admin author photo

Yudi
Kabarsambas.com. Potensi terjadinya banjir di Kabupaten Sambas masih ada. Badan penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sambas menghimbau masyarakat untuk selalu waspada banjir.

Kepala BPBD Sambas, Yudi mengatakan potensi-potensi banjir dikabupaten Sambas masih perlu diwaspadai dibulan Januari.

"Perlu di waspadai potensi banjir yang bisa terjadi pada bulan Januari, Sehingga kami menghimbau masyarakat terutama yang berada dibantaran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan, karena hujan dengan intensitas tinggi masih mungkin terjadi," ungkapnya. Sabtu (4/20)

Yudi menyampaikan setidaknya ada enam kecamatan yang memiliki kerawanan tinggi terhadap banjir, yakni Kecamatan Selakau timur, Tebas, Tangaran, Galing, Paloh dan Sajingan besar.

Sementara untuk kecamatan sejangkung belum ada laporan tentang ketinggian air yang terjadi.

"Pada tahun sebelumnya memang sejangkung masuk daerah yang kondisi rawan banjir, namun sekarang belum ada laporan sejangkung banjir dimana kecamatan lain sudah diterpa banjir, mungkin saluran-saluran air di kecamatan tersebut mulai baik sehingga ari hujan cepat surut," tuturnya

Banjir yang terjadi dikabupaten Sambas disampaikan Yudi dikarenakan intensitas hujan yang tinggi sementara untuk wilayah tebas dan Selakau timur ada potensi untuk banjir kiriman.

"Tapi, untuk yang terjadi banjir sekarang semuanya karena intensitas hujan yang tinggi bukan karena banjir kiriman," terangnya.

Sehingga masyarakat tetap harus waspada terhadap banjir apabila air sudah membahayakan maka segera untuk mengevakuasi diri.

"Pertama siapkan peralatan untuk menghadapi banjir, namun jika debit air semakin tinggi dan membahayakan maka segera untuk mengungsi agar terhindar dari hal-hal berbahaya seperti aliran listrik dan sebagainya,"Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini