Dorong Penegerian IAIS Sambas, Hairiah Temui Wakil Menteri Agama.

Editor: Admin author photo
Wakil Bupati Sambas, Hj. Hairiah.SH.MH bersama Asisten II, unsur pimpinan IAIS Sambas, Kakanwil Kemenag RI Provinsi Kalbar dan Kepala Kantor Agama Sambas menyerahkan secara langsung proposal usulan penegerian IAIS Sambas pada Wamen Kemeneg RI, H. Zainut Tauhid Saadi. Jum'at (10/1/2020) di Hotel Orchard Pontianak.

Kabarsambas.com-Upaya mendorong penegerian Institut Agama Islam Sambas (IAIS) Sambas menjadi IAIN Sambas. Wakil Bupati Sambas Hj.Hairiah.SH.MH temui Wakil Menteri Agama RI.

Dalam pertemuan tersebut Hairiah juga  ditemani Asisten II, unsur pimpinan IAIS Sambas, Kakanwil Kemenag RI Provinsi Kalbar dan Kepala Kantor Agama Sambas menyerahkan secara langsung proposal usulan penegerian IAIS Sambas pada Wamen Kemeneg RI, H. Zainut Tauhid Saadi. Jum'at (10/1/2020) di Hotel Orchard Pontianak.

Hairiah mengatakan Percepatan Penegrian IAIS Sambas adalah harapan besar dari seluruh Masyarakat Sambas yang sudah lama di ikhtiarkan.

"Ya, penegrian IAIS Sambas dianggap sangat strategis karena sambas merupakan wilayah perbatasan yang berbatasan langsung dengan wilayah perbatasan, serta mayoritas Islam," ungkapnya.

Pemda Sambas dilanjutkan Hairiah berkomitmen dan siap membantu proses penegerian IAIS Sambas termasuk penyediaan lahan yang disyaratkan oleh pihak kementrian.

Ditempat yang sama Wakil Rektor I IAIS Sambas, Dr. H. Sumar'in menjelaskan bahwa usulan penegerian IAIS Sambas telah dilakukan semenjak tahun 2015, bahkan secara administratif persyaratan penegerian sesungguhnya sudah terpenuhi semua sejak tahun 2016, dimana usulan persetujuan penegerian sudah dikirim dari pihak Kemenag RI dan KemenPANRB.

"Sehingga saat ini, kami tinggal menunggu proses penilaian dari KemenPanRB serta persetujuan dan penandatangan SK Penegrian dari Presiden RI," tuturnya.

Kemudian Kepala Kantor Agama Sambas, H.Sipni. M.Pd berharap proses penegerian IAIS Sambas bisa terwujud pada tahun 2020 ini.

"Tentu kita sangat berharap dukungan semua pihak agar tahun ini penegerian IAIS bisa rampung tahun ini, karena penegerian IAIS Sambas adalah keinginan kita bersama," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini