-->

Terima Kunker DPRD Bengkayang, Saling Berbagi Informasi

Editor: Admin author photo

Ket: DPRD Kabupaten Sambas saat menerima kunjungan DPRD Kabupaten Bengkayang. Selasa (27/7/2021)

Kabarsambas.com
-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas menyambut kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkayang.


Kunker DPRD Bengkayang dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus.


Pertemuan digelar di Ruang Sidang Utama DPRD Kab Sambas, Selasa (27/7/2021) Rombongan diterima langsung Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H Abu Bakar SPd I, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Sambas, Ferdinan Solihin SE, Wakil Ketua II DPRD Kab Sambas Ir H Arifidiar MH, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sambas, Suriadi, Ketua Komisi DPRD dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Sambas.


Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus mengatakan, kunker mereka ke Kabupaten Sambas dalam rangka studi banding terkait Laporan Pertanggungjawaban tahun 2020.


Dikatakan Fransiskus, DPRD Kabupaten Bengkayang sedang dalam proses pembahasan LPj Kabupaten Bengkayang tahun 2020.


"Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Kabupaten Sambas sudah terlebih dahulu melaksanakan tahapan ini, Kabupaten Sambas sudah selesai menggelar Paripurna terkait LPj Kabupaten Sambas. Hal ini yang mendorong kami, sekarang ini hadir di DPRD Kabupaten Sambas," ujarnya.


Selain tentang LPj, DPRD Bengkayang juga tertarik dengan progress Kabupaten Sambas bisa hattrick WTP dalam tiga tahun terakhir.


Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H Abu Bakar SPd I, mengakui Pembahasan LPj untuk Kabupaten Sambas sudah dilaksanakan. Dikatakan Ketua DPRD Sambas, Paripurna LPj disampaikan langsung oleh Bupati Sambas yang bersangkutan.


"Memang kami telah berkomunikasi dengan pihak eksekutif terkait LPj Bupati Sambas, setelah kita lakukan koordinasi dan komunikasi intens, Alhamdulillah LPj disampaikan langsung oleh Bupati Sambas pada saat itu, yakni Pak Atbah. dan progressnya bisa kita selesaikan tepat waktu,"katanya.


Legislator Partai Gerindra itu, memberikan beberapa kiat terselenggaranya pembahasan LPj tepat waktu. Satu diantaranya, H Abu menyinggung komitmen bersama antara legislatif dan Eksekutif.


"Baik Legislatif maupun eksekutif, memberikan komitmen dan perhatian yang sama, termasuk dalam pembahasan LPj, kita komunikasikan dengan baik," sebut H Abu.


Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sambas, Ir H Arifidiar MH dalam sambutannya, menyinggung terkait opini penilaian dari BPK RI Perwakilan Pontianak. Dikatakan dia, Kabupaten Sambas, sudah tiga kali berturut-turut meraih opini wajar tanpa pengecualian dari BPK RI tersebut.


"Alhamdulillah, sudah tiga kali, untuk tahun 2018, 2019 dan 2020, Kab Sambas meraih opini wajar tanpa pengecualian," sebut H Arifidiar.


Legislator Partai Golkar ini, juga memberikan beberapa informasi penting terkait raihan pemda kab sambas atas capaian WTP 3 tahun berturut-turut. H Arifidiar menyebutkan, referensi aturan sangat penting.


"Referensi aturan sudah sangat jelas, ada aturan yang mengatur. Pengalaman Kabupaten Sambas, memang diperlukan keseriusan pemerintah daerah hingga ketegasan dan komitmen unsur pimpinan," tutur Wakil Ketua II DPRD.


Bagaimanapun, lanjut H Arifidiar, Eksekutif dan Legislatif ibarat dua sisi uang seratur ribu rupiah. Dianalogikan dia, jika salah satu sisinya rusak, nilai manfaat uang seratus ribu rupiah tersebut tidak akan berguna atau dinilai baik.


"Memang harus baik dua-duanya, baik eksekutif maupun legislatifnya, sehingga hasilnya akan tampak dengan baik," Pungkasnya. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini