Dukung Giat Sensus Penduduk Online

Editor: Admin author photo
Foto: Humas Pemkab Sambas
Ket: Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili Lc MH bersama dengan sang istri Hj. Lusianyah Kosasih saat memberikan dukungan kepada BPS sambas dalam menjalankan program sensus penduduk 2020. 

Kabarsambas.com-Pemerintah Kabupaten Sambas, mendukung program nasional sensus penduduk tahun 2020.

Sebagai bentuk dukungannya terhadap program kegiatan tersebut Bupati Sambas telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 100/030/Tapem-A tanggal 11 Februari 2020 tentang Dukungan Kegiatan Sensus Penduduk 2020.

"Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan Badan Pusat Statistik sangat kita perlukan, ini program kegiatan yang strategis dalam rangka penyiapan data yang akurat dan valid. Pemerintah Kabupaten Sambas mendukung program kegiatan ini," kata Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH.

Atbah menambahkan Sensus Penduduk ini sebagai langkah Negara menghadirkan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia, membentuk kerangka sampel untuk kegiatan statistik sepuluh tahun kedepan. 

Kemudian manfaat lainnya seperti hadirnya data parameter demografi baik fertilitas, mortalitas dan migrasi untuk keperluan proyeksi penduduk.

"Sensus ini kita perlukan sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah," ungkapnya.

Dalam rangka pelaksanaan SP 2020, Bupati menyebutnya upaya mewujudkan satu data kependudukan Indonesia. Atbah dalam Surat Edaran Bupati Sambas telah mengambil langkah strategis.

"Pemkab telah menghimbau para kepala OPD atau Instansi, para camat dan kepala desa beserta aparaturnya mendukung SP 2020 ini. Para camat dan kepala desa diminta menghimbau seluruh warganya untuk berpartisipasi dalam sensus penduduk online," tuturnya.

Dalam surat edaran dimaksud, Atbah meminta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sambas mendukung SP 2020. Caranya lanjut dia dengan memberikan dukungan kepada Petugas BPS Kabupaten pada pelaksanaan sensus penduduk wawancara.

Kemudian untuk Pimpinan OPD atau instansi dilingkungan Pemkab Sambas, Bupati meminta secara masif melakukan penyebarluasan bahan publisitas seperti baliho, spanduk, poster atau leaflet mengenai informasi SP 2020 diberbagai kesempatan dan media.

"Termasuk kita arahkan memanfaatkan media sosial online, seperti group Whatsapp dan lainnya. ASN harus berpartisipasi aktif," Pungkasnya. (Sai)


Share:
Komentar

Berita Terkini